Cara Mengatasi Unable To Mount Data di Ubuntu dan Linux Mint

Home » » Cara Mengatasi Unable To Mount Data di Ubuntu dan Linux Mint

Ketika pertama kali menggunakan Linux Mint saya menemukan permasalahan yaitu: ketika mau membuka partisi muncul pesan error "Unable To Mount Data" setelah mencari di google ternyata permasalahannya adalah fitur dari Windows 8 yaitu “Fast Boot (Fast Startup)”. Jadi karena fitur tersebut partisi yang saya buka terindikasi masih aktif.

Akhirnya saya mencari apa itu Fast Boot di Windows 8. Fitur Fast Boot inilah yang membuat boot Windows 8 anda menjadi cepat. Cara kerjanya adalah ketika Windows 8 menggunakan metode Hybrid Shutdown (hibernate parsial) dimana akan menyimpan driver dan kernel session (informasi sistem) ke dalam file yang bernama hiberfil.sys. Dan ketika masuk ke Windows 8 lagi sistem menggunakan informasi tersebut untuk melanjutkan sistem yang sebelumnya telah berjalan. Jadi apabila kita melakukkan pengaturan kemungkinan tidak akan ada perubahan. Oleh sebab itu ada kalanya kita harus mematikan fitur ini untuk merefresh sistem.

Fitur fast boot menawarkan proses startup lebih cepat 30% – 70% dan apabila motherboard anda dilengkapi dengan UEFI, proses startup akan lebih cepat lagi.

Berikut adalah cara mematikan fitur Fast Boot pada Windows 8

1. Buka Control Panel (cari saja dipencarian dan ketikan “Control Panel”). Tampilannya seperti dibawah ini.

2. Langkah selanjutnya klik “Hardware and Sound“, kemudian klik “Power Option” dan Klik “Require a password on wakeup“. Berikut tampilannya.

3. Selanjutnya klikl “Change settings that are currently unavailable” pada kolom bertanda merah, dan scroll kebawah kemudian hilangkan tanda centang dengan klik “Turn on fast startup… ” (lihat pada gambar dalam kolom merah)

4. Kemudian “Save”.
5. Selesai

Semoga bermanfaat :-)
» www.nuralip.com «
PinBB : 520D4F90
.
Bagikan Artikel Ini :